Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Server

 


Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Sederhananya, server merupakan penyedia berbagai macam data, dokumen dan hal lainnya yang dibutuhkan oleh klien. Klien melakukan request, kemudian server merespon terhadap request klien tersebut untuk terhubung dalam sebuah jaringan atau untuk meminta data / file yang terdapat pada server.


Server pada prinsipnya tidak terkait dengan perangkat komputer yang besar atau canggih, namun lebih tepatnya server itu merupakan sebuah aplikasi yang memiliki service melayani (merespon) setiap permintaan pada port tertentu dari komputer lain dalam jaringan (klien). Selain itu sebuah server umumnya memiliki kemampuan administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan.

Cara Kerja Server

Secara sederhana, server bekerja atas permintaan dari sebuah klien. Misalnya saja untuk kasus web server, ketika Anda mengetikkan suatu alamat website menggunakan browser, maka artinya komputer Anda sedang bertindak sebagai klien yang meminta informasi kepada web server. Web server tersebut kemudian mengirimkan isi website ke komputer Anda, sehingga Anda pun dapat mengakses isi website tersebut.

Secara umum, semua jenis server bekerja dengan menjalankan fungsi-fungsi yang telah disebutkan sebelumnya, mulai dari melayani permintaan data dari klien hingga memberikan perlindungan pada komputer klien. Hanya saja, untuk jenis server yang berbeda, hal yang dilayani pun berbeda.


Sebuah perangkat komputer yang dijadikan server umumnya dirancang sedikit berbeda dari komputer lain dalam jaringan tersebut. Spesifikasi perangkat komputer yang digunakan sebagai server umumnya spesifikasinya dibuat lebih tinggi (bila harus menangani lalu lintas data yang cukup besar), sedangkan sistem operasinya sendiri tidak begitu masalah, namun bila menggunakan sistem operasi berbasis server umumnya paket-paket tersebut telah ada di embeddedkan pada sisterm operasi tersebut sehingga tidak repot utk mencarinya seharus menggunakan sistem operasi khusus server seperti Windows Server atau pun Linux Ubuntu Server / Linuxt Mint Server.

 

Fungsi Server

Tugas utama server adalah melayani komputer client, dan di bagi menjadi beberapa fungsi sesuai dengan jenis server. Pada teknologi jaringan, terdapat beragam jenis server yang ada, dengan fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Berbagai jenis server tersebut bisa anda lihat dibawah ini:


Sebuah komputer dapat memiliki peran sebagai server, klien, atau bahkan keduanya. Misalnya saja, Anda memakai sebuah komputer A untuk mengakses website milik pengguna B, maka kini Anda berperan sebagai klien. Sebaliknya, jika pengguna B menggunakan komputernya untuk mengakses website Anda, maka Anda kini berperan sebagai server. Konsep tersebut lebih dikenal dengan sebutan konsep peer to peer.

Model client server, komputasi client server, teknologi client server, dan arsitektur client server semuanya mengacu pada model desain yang dapat dianggap sebagai aplikasi yang berjalan di jaringan. Dalam istilah yang sangat mendasar, kita dapat menggambarkan permintaan dari klien dan kemudian server yang mengeksekusi atau dengan cara tertentu memenuhi permintaan dari klien tersebut. Proses inilah yang kemudian disebut sebagai arsitektur client server dua tingkat yang kita bahas di atas tadi.

Konfigurasi yang terlibat dalam dalam proses arsitektur ini menggunakan perangkat komputer terpisah yang masing-masing berfungsi untuk menyelesaikan pengambilan, pemrosesan, penyimpanan, dan penerimaan data. Atau lebih detailnya komputer client mengakses tingkatan server yang berbeda antara lain server web, yang menangani pertukaran informasi berbasis Web. Server aplikasi yang memproses data dari komputer client dan server basis data, yang menyimpan dan menerima data.

Komputer di jaringan diprogram untuk melakukan pekerjaan secara efisien dengan membagi tugas pemrosesan di antara client dan server.

Secara sederhana, server bekerja atas permintaan dari sebuah klien. Misalnya saja, untuk kasus web server, ketika Anda mengetikkan suatu alamat website menggunakan browser, maka artinya komputer Anda sedang bertindak sebagai klien yang meminta informasi kepada web server. Web server tersebut kemudian mengirimkan isi website ke komputer Anda, sehingga Anda pun dapat mengakses isi website tersebut.

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget